Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games Bakal TC di Korea Selatan


Jakarta, -- Ketua PSSI Mochamad Iriawan menyebut Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2021 (2022) akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.

"Nanti akan berangkat ke Korea Selatan. Selesai ini [Timnas U-19] mungkin nanti akan diberangkatkan ke sana. Terakhir [komunikasi] Shin Tae Yong minta di sana. Biar sekalian dilihat, biar tidak dua kali kerja," kata Iriawan, Senin (14/3).

"Nanti TC [training center] di sini [Jakarta] dulu. Setelah itu baru berangkat ke sana. Biar efektif, fleksibel. Jadi ga bolak-balik. Jadi nanti dari Korea langsung ke Vietnam [SEA Games]," ujarnya usai peresmian Medical Center PSSI.

Gelandang Persib tersebut sudah masuk radar Shin Tae Yong untuk tambahan tiga pemain senior di Timnas U-23. Diketahui, ada peraturan tambahan tiga pemain senior dalam skuad U-23 yang berhak tampil di SEA Games.

"Marc Klok sudah. April ini sudah selesai, bisa main untuk Timnas Indonesia. Harus lima tahun, ya. Oleh sebab itu Klok dihubungi juga oleh coach Shin Tae Yong. Jadi InsyaAllah kita persiapkan untuk SEA Games," kata Iriawan.

Untuk pemain senior lain yang didaftarkan ke SEA Games, Iriawan tak ingin berterus terang. Menurutnya itu wilayah Shin Tae Yong. Nantinya pelatih asal Korea Selatan yang akan mengumumkan sendiri daftar pemain yang dibutuhkan.

"Nanti kita tunggu dari Shin Tae Yong. Yang jelas baru Marc Klok. Dia sudah minta lama ke saya, tetapi belum bisa karena belum lima tahun. Sehingga kemungkinan akan bisa dimainkan untuk U-23 nanti," kata lelaki yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Timnas U-23 ditarget meraih medali emas SEA Games 2021. Ini target mutlak karena Indonesia terakhir kali meraih emas cabang olahraga sepak bola pada 1991. Dahaga emas sepak bola selama 30 tahun ini ingin dituntaskan di Vietnam.

Adapun Shin memastikan 80 persen skuad yang akan tampil di SEA Games adalah pemain-pemain yang tampil di Piala AFF 2020 (2021). Hanya saja kepastian nama-namanya akan diumumkan dalam daftar pemusatan latihan di Korea Selatan.

Sumber : CNN Indonesia


Lebih baru Lebih lama