PSSI Klaim Punya Medical Center Terbaik di Asia Tenggara


Jakarta,-- PSSI akhirnya punya medical center atau pusat kesehatan yang diklaim sebagai fasilitas pendukung sepak bola terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam peresmian Medical Center PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta pada Senin (14/3). Total ada 33 alat pendukung kesehatan olahragawan di lantai lima GBK Arena tersebut.

"Tentunya ini bermanfaat sekali, karena ini terbaik di Asia Tenggara, hasil dari laporan tim kami. Sekali lagi, yang pertama bagi cabang olahraga sepak bola yang sudah berpuluh tahun berdiri baru sekarang [punya]," kata Iriawan.

Iriawan menjelaskan, alat-alat tersebut didatangkan dari Australia dan Jerman. Pengadaan alat-alat ini ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenpora. Namun tidak dijelaskan berapa total biaya yang dikeluarkan.

PSSI pun telah menyiapkan tenaga ahli yang akan mengoperasikan medical center ini. Sebelum diresmikan pada Senin (14/3), sudah dilakukan pelatihan selama dua bulan. Karenanya PSSI menjamin alat-alat ini akan sangat berguna.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, pengadaan Medical Center ini sesuai dengan program Kemenpora. Program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digawangi pemerintah salah satunya fokus dengan sport science.

"Kita tahu dalam Perpres 86 tentang DBON, kita menempatkan ada di 10 Provinsi. Nah sentra ini sengaja kita tempelkan langsung dengan perguruan tinggi yang ada fakultas keolahragaan karena di sana ada laboratorium sport science," kata Amali.

"Dengan hadirnya medical center yang ada di PSSI, saya kira ini juga akan kita dorong di sentra-sentra yang ada di berbagai daerah. Tinggal kita lihat mana yang di laboratorium olahraga yg kurang itu yg akan kita lengkapi," ujarnya.

Dalam praktiknya, pusat kesehatan ini tidak hanya untuk sepak bola. Cabang olahraga lainnya bisa menggunakan fasilitas ini dengan cuma-cuma.

Sumber : CNN Indonesia
Lebih baru Lebih lama