Air Terjun Curug Luhur di Cigangsagirang Pesona Desa Wanasari Surade yang Masih Asri

 


Curug Luhur Cigangsagirang merupakan sebuah air terjun yang dapat dijadikan sebagai objek wisata alam alternatif dengan lokasi yang masih asri dan belum banyak terjamah, masih tersembunyi dari kebanyakan pengunjung luar.

Air terjun tersebut berada di desa Wanasari tepatnya Curug Luhur Cigangsa Girang, Kampung Sindanghayu Desa Wanasari Kecamatan Surade. Dengan aliran air dari sungai yang berada diperbukitan, sehingga air masih bersih.

Warga setempat memanfaatkan lokasi tersebut untuk papajar menjelang bulan suci Ramadhan, seperti yang dilakukan para pemuda hari ini, Sabtu, 02 April 2022.



Lokasi air terjun Curug Luhur Cigangsagirang dapat dikunjungi warga masyarakat umum. Kades Wanasari, Iwan Sudarmi, S.Pd.I, berharap tempat tersebut dapat menunjang dan menjadi tujuan wisata lokal sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjadi pendapatan asli desa (PAD)

Selain dijadikan destinasi wisata air terjun yang terdapat pada aliran Sungai Cigangsagirang tersebut merupakan sumber air yang mengairi pesawahan serta pertanian lain di Desa Wanasari.

Jarak tempuh menuju lokasi sekitar 1,5 KM dari pusat Surade atau sekitar 15 menit, untuk menuju lokasi sudah bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Saat ini tersedia saung milik warga untuk menikmati hamparan sawah di lokasi, selain itu sungai tidak begitu dalam sehingga bisa dijadikan tempat berenang, mudah - mudahan ke depan bisa disediakan tempat kuliner dan bangunan gajebo,” pungkas Kades Wanasari Iwan Sudarmi, S.Pd.I.

MY Kuncir

Lebih baru Lebih lama