E - Waroeng Dewi Widiyarti Desa Sukasirna Salurkan BPNT Kepada 350 KPM


Suarakowasisukabumi.com

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai atau kartu sembako, yang diberikan pemerintah pada masyarakat setiap bulan.

Bantuan ini disalurkan melalui mekanisme akun elektronik, sehingga kartu sembako hanya bisa digunakan untuk membeli bahan pangan di warung yang bekerjasama dengan pihak bank.

Pemerintah Desa Sukasirna kecamatan Cibadak mulai hari Jum'at, tanggal 15 April 2022 mulai menyalurkan BPNT sembako disebut juga Kartu Sembako yang diperuntukan bagi 1.144 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di dua titik yaitu di Kampung Leuweung datar RT 002 RW 005, di E-Waroeng milik Fajar dan dikampung Cilengo RT 001 RW 001 di E-Waroeng milik Bapak  Asep Suhendi.


Seperti dijelaskan oleh Kepala Desa Sukasirna Deni Riswandi, penyaluran dilakukan secara serentak di dua tempat yaitu di Kampung Leuweungdatar dan di Kampung Cilengo yang diperuntukkan bagi 900 KPM, yang sudah terdaftar dalam DTKS.

“Ada sekitar 900 keluarga penerima manfaat yang menerima kartu untuk mencairkan BPNT yang akan disalurkan  di dua titik E-Waroeng,” tutur Deni.


KPM bisa melakukan pengegesekan kartu sembako dimana saja sesuai keinginannya, yanh penting dapat memenuhi kebutuhan sehari -hari, tandas Deni.

Sementara Asep Suhendi pemilik  E- Waroeng di Kampung Cilengo mengatakan KPM yang sudah mendapatkan kartu sembako dapat mengambil bantuan tersebut diwarungnya, yang menyediakan bahan-bahan  sembako seperti beras, telur ayam, daging ayam, buah-buahan seperti  jeruk, apel, dan kacang kacangan semisal kacang hijau ataupun kacang tanah untuk melayani 350 KPM setiap bulannya.

“Kami menyediakan kebutuhan pokok berupa sembako untuk KPM dan bisa memilih bahan - bahan sembako yang diperlukan,"ucapnya.


Asep juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya selalu melayani kebutuhan sembako yang setiap bulannya selalu berubah jenis komoditinya, supaya KPM tidak bosan untuk mengkonsumsinya.

Dari jumlah 350 KPM lanjut Asep Suhendi tidak semua KPM  bisa mencairkan atau menggesek kartu sembakonya, sebab terkadang di kartu ATM belum ada saldo, jadi  KPM harus menunggu beberapa hari untuk bisa menggesek ulang kartu.

Ivan (30) warga Kampung Bangkuwong RT 004 006 salah seorang warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai mengatakan sangat beruntung dan senang menerima bantuan sembako dari pemerintah, sebab dirinya merasa terbantu kebutuhan sehari hari untuk keluarganya.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada pemerintah, khusus nya kepala desa Sukasirna yang sudah menyalurkan BPNT, karena sudah membantu sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari hari"imbuhnya seraya menambahkan dirinya mendapat bantuan sembako berupa Beras 10 kg, telur ayam  2 kg, Buah kurma 1/2 kg dan kacang tanah 1/2 kg .


Hal yang sama dikatakan oleh Sunarti (35), warga Kampung Cieurih RT 003 RW 008 merasa sangat bahagia karena dengan bantuan sembako dari pemerintah untuk keperluan keluarganya , apalagi saat ini masih dilanda pandemi Covid-19, perekonomian keluarga terasa sangat terbantu.

"Ucapan banyak terima kasih kepada pemerintah  dan pihak desa yang telah membantu menyalurkan bantuan sembako melalui E-Waroeng Bapak Asep Suhandi, semoga dapat bermanfaat bagi keluarga saya,” pungkasnya. (Haddy Cader)

 

Lebih baru Lebih lama