Muhibah Ramadhan, Bupati Paparkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sukabumi


Suarakowasisukabumi.com -- Bupati Sukabumi. H. Marwan Hamami lakukan muhibah ramadhan ke Masjid Al Ikhlas, Desa Sampora, Kecamatan Cikidang, Selasa, 5 April 2022. Kedatangan Bupati didampingi Sekda Ade Suryaman beserta forkopimda. Kegiatan silaturahmi dengan masyarakat tersebut menerapkan protokol kesehatan. 

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan oleh H. Marwan Hamami kepada masyarakat. Mulai dari bantuan untuk Masjid Al Ikhlas dan sembako kepada 100 orang.

H. Marwan Hamami mengaku bersyukur terlaksana kembali muhibah ramadhan. Sehingga, bisa kembali bersilaturahmi dengan masyarakat selama ramadhan.



"Alhamdulillah, di awal ramadhan ini kita bisa bersilaturahmi. Selama dua tahun sempat terkendala akibat pandemi covid 19," ujarnya 

Dalam kegiatan tersebut, H. Marwan menyampaikan tentang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi. Di mana, pertumbuhan ekonomi di triwulan pertama 2022 telah tumbuh sekitar 3,4 persen. Meskipun, pertumbuhan ekonomi tersebut perlu terus ditingkatkan. 

"Sebelum covid 19, pertumbuhan ekonomi kita stabil di angka 6 persen. Ketika awal-awal covid 19 melanda, sempat  minus. Alhamdulillah, sekarang tumbuh di angka 3,4 persen," ucapnya.

Maka dari itu, perlu percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi. Salah satunya dengan mendongkrak berbagai sektor andalan yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


 "Sektor ekonomi andalan seperti UMKM, pertanian dan pariwisata bisa didorong untuk pertumbuhan ekonomi. Hal ini bisa dibantu oleh seluruh masyarakat," ucapnya.

Selain itu, percepatan vaksinasi pun perlu didorong. Sebab, capaian vaksinasi akan mempengaruhi percepatan perekonomian. 

"Capaian vaksinasi sangan memengaruhi percepatan perekonomian," ungkapnya.

Tak hanya itu, H. Marwan pun mengajak masyarakat meningkatkan gotong-royong. Hal itu untuk membangun Kabupaten Sukabumi.

"Gotong-royong masyarakat Desa Sampora sangat bagus. Mari tingkatkan gotong-royong masyarakat untuk sama sama membangun," bebernya 

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Kabupaten Sukabumi H. Habiburohman mengatakan, muhibah ramadhan merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Sebab, inti dari kegiatan ini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat. 

"Pelaksanaan muhibah ramadhan ini, sebagai bentuk perhatian dan kedekatan pak Bupati kepada masyarakat," bebernya

Meskipun, pelaksanaan kegiatan kali ini sangat terbatas. Sebab, pandemi covid 19 belum sepenuhnya hilang dari Sukabumi.


"Muhibah ramadhan ini baru terlaksana kembali setelah dua tahun terdampak pandemi covid 19. Tahun ini bisa dilaksanakan, namun hanya sampai pukul 17.00 WIB. Sebab tidak ada buka bersama seperti biasanya," terangnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan juga ekspos zakat infak sedekah (ZIS) oleh Kepala Baznas Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma. Selain itu, kegiatan diakhiri dengan tausyiah dan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi KH. E Fatahillah Nadziri.

Red

Lebih baru Lebih lama