Presiden Jokowi Minta Antisipasi Krisis Pangan dan Energi, Sekda : Sudah Kita Lakukan


Suarakowasisukabumi.com

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti kegiatan Musrenbangnas tahun 2022 dari Pendopo, Kamis, 28 April 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini, mengambil tema peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menekankan beberapa hal kepada lembaga/kementerian hingga pemerintah daerah. Hal itu mulai dari penekanan untuk belanja produk dalam negeri dan mengurangi barang-barang impor.

"Produk yang masih impor semacam jagung ataupun kedelai, coba ditanam di kita. Selain itu, beri pendampingan UMKM sehingga bisa memenuhi standar internasional. Arahkan semua pembelian ke produk dalam negeri," ujarnya.

Selain itu, Jokowi meminta percepat hilirasi. Termasuk kembangkan pengolahan produk mentah. Sehingga, Indonesia tidak mengekspor bahan mentah saja.


"Dorong industri di setiap daerah agar meningkatkan nilai tambah dan membuka pekerjaan untuk rakyat," ucapnya.

Selain itu, meminta meningkatkan produktivitas serta kemandirian di sektor pangan dan energi. Apalagi, permasalahan ke depan ada di dua sektor itu.

"Sementara kita, memiliki kekuatan di sini," ungkapnya.

Terakhir, presiden meminta meningkatkan investasi yang bisa menciptakan lapangan kerja sebesar-besarnya.

"Negara di dunia berlomba-lomba menndapatkan kucuran investasi. Jadi, tingkatkan kemudahan berusaha dan daya tarik investasi ke Indonesia. Segera sederhanakan dan percepat pelayanan investasi. Termasuk peningkatan kualitas SDM harus terus berlanjut," bebernya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, Pemerintahan Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan sejumlah hal untuk kemajuan wilayahnya. Hal itu mulai dari sisi ketahanan pangan hingga penggunaan produk dalam negeri.


"Dari sisi ketahanan pangan, kami sudah memiliki visi -misi yang berfokus di sektor pertanian dan pariwisata. Sehingga, kami terus menggenjot semua itu. Salah satunya dengan membangun Perumda Agro. Salah satu tugasnya, turut serta menopang dari sisi ketahanan pangan," terangnya.

Selain itu, Pemkab Sukabumi memiliki program bela beli produk dalam negeri. Program itu dilakukan untuk memperkenalkan produk dalam negeri dan mengungkit UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi.

"Kami terus menggelorakan bangga buatan dalam negeri di Kabupaten Sukabumi. Tujuan akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat," bebernya.

Robby/Red

Lebih baru Lebih lama