SMPN 3 Cibadak Gelar Kegiatan Kampung Ramadhan Sebagai Pengembangan Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Ketaqwaan Siswa

 


Suarakowasisukabumi.com

Memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi menggelar program Kampung Ramadhan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan keagamaan dalam mengisi bulan Ramadhan. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 11 April sampai 16 April 2022.

Setiap hari kegiatan dimulai dari pukul 07.30  sampai pukul 12.20 WIB dengan kegiatan berupa Shalat Dhuha, Tadarus Al Qur’an, dan Taushiyah.

Teknik pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang disebut Kampung, setiap Kampung terdiri dari 4 kelas. Dalam satu Kampung dibentuk kepengurusan mulai dari Camat, Lurah, dan Ketua RW. Setiap Kampung didampingi para wali kelas berkedudukan sebagai ketua RW.



Fina Susilawati, S. Ag selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan program Kampung Ramadhan adalah memberikan tarbiyah (pengajaran) kepada peserta didik  untuk mengagungkan bulan Ramadhan dengan penuh kesenangan, kegembiraan, serta  diiringi  semangat taat, dan takwa kepada Allah SWT. Mampu meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang keagamaan para peserta didik. “Selanjutnya para siswa dapat menanamkan pembiasaan mengerjakan  ibadah wajib dan sunnah di Bulan Ramadhan dan diharapkan pembiasaan ini dilakukan pula di luar bulan Ramadhan,” jelas Fina.

Sementara H. Moch. Soleh, S.Pd. M.M.Pd. Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Cibadak berharap kegiatan Kampung Ramadhan 1443 H dapat berjalan dengan lancar  sesuai rencana.

“Melalui program ini saya harap peserta didik dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan Kampung Ramadhan dengan penuh suka cita, riang gembira, serta tetap semangat taat kepada Allah SWT,” pungkas Mochamad Soleh.

 

Lebih baru Lebih lama