Dinsos Kota Sukabumi Bersama Relawan Terus Lakukan Penanganan dan Penjangkauan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial


Suarakowasisukabumi.com

Adanya pengaduan masyarakat terkait banyaknya orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) serta penyandang disabilitas mental dan orang terlantar di Kota Sukabumi, maka Dinas Sosial Kota Sukabumi akan melakukan Penanganan langsung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Abdul Muiz, saat ditemui dikantornya pada 10 Mei 2022.

Salah satu contoh penanganan yang dilakukan yakni pada 7 Mei 2022, Dinas Sosial beserta para relawan mengantarkan seorang wanita penyandang disabilitas mental yang tengah mengandung lima bulan kembali ke rumahnya di Kecamatan Cibeureum. Sedangkan pada 8 Mei 2022, dilakukan penanganan ODGJ yang kemudian ditempatkan sementara di rumah singgah sosial, sebelum akhirnya dijemput oleh pihak keluarga.

Penanganan lainnya dilakukan 9 Mei lalu, kepada orang terlantar dari Tasikmalaya, yang ditemukan di kawasan Alun – alun, kemudian diantarkan ke Stasiun Kereta Lampegan, serta diberikan ongkos hasil urunan para relawan, untuk membeli tiket kereta, pulang ke tempat asal. Sementara pada tanggal 10 Mei, dilakukan pula penanganan ODGJ yang berkeliaran di Masjid Agung.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial menjelaskan bahwa penanganan, dilakukan berdasarkan informasi atau aduan masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya. Dijelaskan pula bahwa dalam setiap penanganan, dilibatkan pula Tagana serta relawan Social Rescue.

Asep salah satu warga Cibeureum mewakili warga kota Sukabumi sangat berharap semakin berkurangnya ODGJ dan berharap Dinas Sosial Kota Sukabumi lebih serius menanganinya demi kenyamanan, ungkap Asep.

Sumber : Diskominfo Kota Sukabumi

Edy

Lebih baru Lebih lama