#Mari Selingkuh# Selamatkan Lingkungan Hidup Ala LSM Dampal Jurig Jabar Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon di Geopark Ciletuh Pajampangan


Suarakowasisukabumi.com

Bertempat di kawasan Geopark Ciletuh tepatnya Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran, Desa Tanjung Kecamatan Jampangkulon, serta Bojonglopang Jampangtengah dan Lengkong.

Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung Lsm Dampal Jurig Jawa Barat bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Sekitar Hutan (LMDH),  Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Para Pelajar, Pramuka Remaja Pecinta Alam Peduli Lingkungan Pajampangan, bersepakat untuk mensukseskan dan mendukung gerakan #Selingkuh# kepanjangan dari selamatkan lingkungan hidup melalui aksi nyata berupa bakti sosial penanaman pohon dan tebar bibit ikan di sungai yang ada di wilayah Kecamatan Waluran, Jampangkulon, Lengkong dan Jampangtengah.

Ada pun benih bibit ikan yang tebar di alur sungai dari jenis Ikan Nila, Lele, Sidat dan Tawes. Sedangkan jenis pohon yang ditanam adalah Jati Jawa, Super Sengon, Albasiah, Ekaliptus serta jenis buah-buahan seperti Nangka, Sirsak, Jambu Jamaika, Jambu Kristal, Belimbing, Mangga, Duren dan Alpukat. Jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 25 ribu bibit pohon secara  bertahap dan berkelanjutan.

Irvan Azis ketua LSM Dampal Jurig Jabar sebagai penggagas acara menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai rangkaian menyambut hari lingkungan hidup sedunia setiap tanggal 5 Juni selalu diperingati oleh LSM yang dipimpinnya bekerja sama dengan semua kalangan.

Hadir tadi siang dalam kegiatan tersebut diatas dari Pemerintah Desa Waluran Mandiri dipimpin langsung oleh Kepala Desa didampingi BPD, LMD serta tokoh masyarakat dan pemuda.

Harapan dari kegiatan menjadi langkah awal mengantisipasi bahaya bencana alam serta pemanasan global dan sebagai upaya menghijaukan kembali bumi Pajampangan meski dari skala kecil dan berkala.

Adapun Maksud Dari menebar bibit ikan di sungai adalah sebagai langkah menjaga ekosistem dan habitat ikan dari kepunahan serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ditempat sama Kepala Desa Waluran Mandiri menyambut positif kegiatan tersebut.

“Semoga menjadi contoh ke komunitas lainnya untuk melakukan hal yang sama meski dari judul tema kegiatan yang ngeleneh tapi mengandung arti dan makna yang dalam untuk masyarakat banyak,” ucap Kades.

Diakhir penjelasannya Irvan Azis mengajak semua pihak untuk ikut mensukseskan program penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam meski dari hal kecil.

“Insha Allah di tanggal 5 Juni puncak acara hari lingkungan hidup sedunia akan membagikan 25 ribu pohon gratis untuk masyarakat hasil kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Republik Indonesia melalui BPDASHL Ciliwung Citarum Persemaian Permanen Modern Rumpin Bogor.

Red

Lebih baru Lebih lama