Wisata Situ Gunung : Jembatan Panjang Ramai di Kunjungi Wisatawan Luar Sukabumi


Suarakowasisukabumi.com

Masih dalam suasana liburan pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 H di hari Ke 6, Sabtu, 07 /04/2022. Kawasan Situ Gunung yang ada di daerah Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi  tampak masih banyak di datangi pengunjung.

Walaupun cuaca hari ini sedikit gerimis namun para pengunjung tetap berdatangan. Rinto salah satu pengunjung yang datang dari Cengkareng Jakarta Barat mengaku kurang lengkap jika tidak berkunjung ke tempat wisata alam Situ Gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGPP).

Menurut Rinto tempat wisata ini memiliki beberapa objek wisata mulai dari jembatan gantung, danau, air terjun dengan suasana alam yang masih asri.

“Kedua kalinya kami berkunjung ke tempat ini, mengasikkan tidak membosankan,” ungkap Rinto.

Asep Suganda selaku Kepala Pengelola Situ Gunung mengatakan jumlah pengunjung sejak Hari Lebaran sampai saat ini sudah mencapai 14 ribu orang sementara harga tiket masuk masih tetap seperti tahun sebelum Rp 18.000,-.

Disinggung tentang pemasukan buat Pemkab Sukabumi, Asep Suganda menjelaskan bahwa dari jembatan gantung ini memang tidak ada pemasukan untuk PAD. Karena, PNBP langsung masuk ke Kementrian Keuangan RI.

“Itu sudah sesuai dengan peraturan perundang-udangan yang ada,” ungkap Kepala Resort Situ Gunung Balai Besar TNGP.


Di tempat terpisah, Usep Suherlan selaku manajer Pengelola dari PT. Fontis Aquam Vivam  menjelaskan fasilitas di Situ Gunung Sukabumi yang bisa dinikmati pengunjung diantaranya Parkir, Toilet, Kamar Mandi, Warung, Wahana Flying Fox, Perahu Sampan dan Camping Ground.

Sementara harga tiket masuk ke Jembatan Situ Gunung masih sama seperti tahun sebelum yaitu sebesar Rp 50.000,- untuk dewasa dan Rp 25.000,- untuk anak-anak. Akan dikenakan biaya tambahan bila para pengunjung ingin mencoba wahana lainnya seperti Flying Fox Rp 25.000 dan perahu sampan Rp20.500. Ada pun Jam operasional Jembatan Situ Gunung mulai buka pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Agus Gito salah satu pengunjung lokal yang datang dari Baros Kota Sukabumi mengatakan sangat terkesan dan merasa puas bisa menikmati keindahan destinasi wisata Situ Gunung.

“Walau pun capek jalannya pulang dikarenakan menanjak namun saya merasa adanya kepuasan dan besok - besok saya akan membawa keluarga saya ke sini,” ungkap Agus Gito. (Edy)

Lebih baru Lebih lama