Gencarkan Gerakan SELINGKUH, LSM Dampal Jurig Bersama Bupati Sukabumi Gaet 50 Komunitas Angler Liar Untuk Tanam Pohon dan Tebar Bibit Ikan di 5 Alur Sungai


Suarakowasisukabumi.com

Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig Jabar) gandeng 50 komunitas pecinta mancing liar yang beranggotakan lebih dari 1000 orang untuk menanam bibit pohon dan menebar bibit ikan di berbagai alur Sungai Wilayah Kota serta Kabupaten Sukabumi. Minggu, 19 Juni 2022.

Demi menjaga ekosistem dan habitat ikan serta meningkatkan ekonomi masyarakat, hari ini ditebar sekitar 5000 benih bibit ikan dari jenis Nila, Tawes, Sidat dan Lele yang ditebar di lima alur sungai diantaranya Cimandiri, Sekarwangi, Cicatih, Cibabah dan Cisungapan.

Sementara penanaman pohon produktif jenis buah-buahan berupa Mangga, Rambutan, Jambu Kristal, Belimbing serta jenis pohon konservasi seperti Ekaliptus, Jati Jawa dan Sengon. Penanaman dilaksanakan secara simbolis di kanan kiri Sungai Cicatih dan Cinumpang dengan jumlah 2000 Pohon secara bertahap.

Kegiatan dihadiri Kepala Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak didampingi Ketua BPD, Ketua Karang Taruna, Ketua RT/RW serta jajaran, selain itu hasir pula Ketua berbagai komunitas pecinta angler liar Sukabumi.

Irvan Azis Ketua LSM Dampal Jurig Jabar menjelaskan bahwa kegiatan diatas murni sebagai salah satu bentuk kepedulian LSM yang dipimpinnya untuk terus konsen dalam hal penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam berkolaborasi dengan berbagai kalangan masyarakat siapapun komunitasnya yang penting satu searah dengan LSM Dampal Jurig Jabar Sesuai Intruksi Dan arahan Marwan Hamami selaku Bupati Sukabumi sekaligus Ketua Dewan Penasehat LSM Dampal Jurig Jabar.

Masih kata Irvan, tahun Ini LSM Dampal Jurig sedang gencar sosialisasi gerakan SELINGKUH 'Selamatkan Lingkungan Hidup’, meski jargonnya banyak yang menganggap agak sedikit nyinyir tapi terkandung makna dan arti sangat penting bagi kelangsungan kehidupan kedepan.

Di tempat yang sama Kades Sekarwangi menyambut  baik kegiatan tersebut karena manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu program untuk ikut mewujudkan visi misi Gubernur Jabar dan Bupati Sukabumi demi memantapkan sumber daya alam yang ada untuk kesejahteraan masyarakat serta sebagai program Jabar Juara yang hijau lestari, pungkasnya.

Red

Lebih baru Lebih lama