Wabup Minta KTNA Terus Bersinergi Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Sukabumi


Suarakowasisukabumi.com

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyebut Rempug Paripurna KTNA harus dijadikan sebagai wadah pemersatu petani dan menguatkan jalinan silaturahmi serta dijadikan sharing ilmu dan pengalaman. Selain itu, lanjut Wabup, dapat juga dijadikan sarana untuk menyampaikan ide cerdas dan gagasan cemerlang guna memperbaiki kondisi para petani agar usahanya menjadi lebih produktif.

"Pemerintah Kab Sukabumi menyambut baik teselenggaranya rembug paripurna ini, diharapkan acaranya berjalan lancar hingga mampu menghasilkan berbagai solusi atau alternatip pemecahan masalah yang dihadapi oleh para petani saat ini" ungkap Wabup membuka Rembug Paripurna Kelompok Kontak Tani Andalan ( KTNA ) Kab Sukabumi di Aula PKK Pendopo Sukabumi.Kamis, (16/06/2022).

Masih dikatakan Wabup, Menemukan alternatif solusi masalah pertanian merupakan ikhtiar membangun kesejahteraan petani sekaligus berkonstribusi terhadap upaya mewujudkan Kab Sukabumi yang religius maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

"Forum Musyawarah pengurus KTNA merupakan wadah yang tepat untuk membahas masalah pertanian nelayan saat ini dalam pengembangan usaha taninya," tambah Wabup.

Hasil rembugan ini, lanjut Wabup, dapat bermanpaat sebagai bahan pertimbangan pimpinan guna menyusun kebijakan, rencana kerja serta keputusan keputusan lainnya yang bersipat strategis dan menyangkut kepentingan publik.

"Pembangunan pertanian diarahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan para petani dan nelayan dan keluarganya guna mewujudkan pertanian yang tangguh, oleh karena itu diperlukan keterpaduan antara pendekatan wilayah usaha tani dan komoditas skala usaha tani yang mengarah ke Agrobisnis," ujarnya.

Akhirnya Wabub berharap dengan adanya rembug ini bisa menghasilkan pengurus yang baru dan kesejahteraan para petani akan meningkat.

Sebelumnya Panitia Acara, Saepullah melaporkan ada tiga hal yang menajdi tujuan acara yaitu menyusun Program kerja organisasi selama lima tahun, Laporan pertanggungjawaban pengurus KTNA yang lama serta Memilih ketua KTNA yang baru.

"Peserta rembug sebanyak 100 Orang dari 47 kecamatan. sementara tema kegiatan adalah : "Meningkatkan Kerjasama kemitraan KTNA dengan Pemerintah Dalam Rangka Mewujudkan Produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agro bisnis berkelanjutan di Kab Sukabumi," terangnya.

Hadir dalam acara tersebut Kadis Pertanian , Kadis Kalautan serta perwakilan KTNA Jawa Barat.

Red

Lebih baru Lebih lama