Di Kota Sukabumi Para RT dan RW Ikuti Bimtek Soal Kapasitas Pengadministrasian

SUARAKOWASISUKABUMI.COMPara ketua RT dan RW di Kota Sukabumi ditingkatkan kapasitasnya dalam pengadministrasian. 

Hal ini misalnya dilakukan dengan Bimbingan Teknis Administrasi bagi RT dan RW Kelurahan Baros di Ruang Pertemuan Kelurahan/Kecamatan Baros, Selasa (29/11/2022).

'' Terimakasih atas dukungan RT dan RW, sehingga kota dalam keadaan kondusif,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang hadir dalam pembukaan acara. Sebab RT dan RW mitra strategis pemda dalam menjalankan pembangunan berdasarkan perencanaan. 

Hubungan mitra strategis ini dalam menyukseskan pembangunan berbasis perencanaan di musrembang maupun rembug warga. RW dan RT jadi jembatan penghubung warga dengan pemerintah dalam menyerap aspirasi, saran dan pendapat yang disampaikan warga.

Pelayanan RT dan RW lanjut Fahmi harus tepat apa yang dilakukan benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Kedua cepat dalam memperoleh apa yang diharapkan warga.

Ketiga murah dalam arti biaya layanan yang dikeluarkan masyarakat layanan wajar dan dapat dijangkau. Berikutnya ramah hubungan dengan warga harus ramah.
Kendala yang dialami RT dan RW kata Fahmi misalnya kendala administrasi dalam menyeragamkan kemampuan terkait administrasi karena dengan berbagai latarbelakang pendidikan sehingga kemampuan RT RW dalam administrasi beragam. 

'' Mengatasi kendala ini pemda menyeragamkan kemampuan RT dan RW terkait administrasi kegiatan berbasis RW dan RT,'' kata Fahmi. Mari tingkatkan kemampuan adminitrasi daalam mengisi dokumen yang harus diisi.

Kendala lainnya terkait hukum karena tidak punya aparat hukum dan ketika ada masalah hukum lapor kepada aparat pemerintah. Berikutnya kendala sumber daya manusia juga beragam harus ditingkatkan kompetensinya dan terakhir kendala budaya.

Redaksi/D2
Lebih baru Lebih lama