Disperkim Gelar Monev Replika PLPBK di Dua Desa Kecamatan Cibadak


suarakowasisukabumi.com - Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi bersama Tim konsultan Kotaku dan Forum BKM Giat monitoring evaluasi Replikasi PLPBK tahun 2023 Di dua Desa Neglasari dan Tenjojaya Cibadak.

Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, sejumlah program dilakukan Disperkim diberbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 ini. 

Adapun program tersebut untuk Pembangunan akses jalan setapak (Japak) Rabat Beton, TPT, Drainase, tempat Pengolahan sampah, Roda sampah dan menggunakan komposisi sandsheet, sebagai Replikasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK), hal tersebut diungkapkan kepala Bidang kawasan kumuh pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sukabumi, Kata Abas, Rabu (6/9/23).

Ketika giat monev ini Abas selaku Kabid pada diperkim, didampingi tim konsultan kotaku forum BKM kabupaten, berikut BKM Desa Neglasari, BKM Desa Tenjojaya Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, juga Staf pada Dinas perumahan dan kawasan pemukiman.

Lebih jauh Abas menjelaskan, berdasarkan amanat Undang-undang nomor 01 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, dimana penyelenggaraan atas perumahan juga kawasan permukiman mencakup pencegahan kumuh serta peningkatan kualitas permukiman kumuh yang wajib dilakukan oleh pemerintah daerah.


"Melalui program ini sekaligus beriringan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dalam meningkatkan akses masyarakat secara bertahap terhadap perumahan dan permukiman layak, aman dan terjangkau guna mewujudkan kota tanpa permukiman kumuh,”, jelas Abas.

Program penangan kumuh terpadu di dua Desa ini diantara pekerjaan Japak, Rabat Beton sepanjang 300 mtr, (TPT) tembok Penahan tanah dan Drainase, berada di Rt 002 Rw 008 Di Desa Neglasari Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. adapun nama dari BKM/LPM adalah RAHAYU, dan  dilaksanakan oleh Pakem Batu Cadas dengan jumlah penerima manfaat sekitar 47 kk menurut Parman sebagai ketua Pelaksana Pakem BATU CADAS.

Agar diketahui, untuk desa tenjojaya saat ini mendapatkan Program PLPBK yang sama, namun berbeda dibidang kegiatannya, diantaranya membuat tempat pengolahan Sampah, berikut roda sampah dan japak yang mengunakan sandsheet.

Ucapan dan tanda terima kasih di ungkapkan oleh warga masyarakat, atas terserapnya program yang telah dilaksanakan.

Terima dari Dinas Perkim, kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya. 

Kami sebagai warga sangat memerlukan Akses jalan yang bagus, tempat pengelolaan sampah yang layak berikut dengan rodanya, semoga dengan adanya Program PLPBK ini dapat Bermanfaat bagi para warga masyarakat, ulasnya.

Heri S/D2

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama