KSM Kasep Berdaya Laksanakan Pembangunan IPAL Komunal di Desa Pasir Datar Indah

Suarakowasisukabumi.com -

Program pembangunan saat ini gencar di gelontorkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun daerah. Seperti saat ini Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang berada di Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. 

Diketahui, Pengerjaan IPAL Komunal di desa pasir datar dilaksanakan oleh (KSM) Kelompok Swadaya Masyarakat Kasep Berdaya.

Adapun kegiatan pembangunan pembenahan Septic Tank titik pusat di Kampung Balekambang Cibodas Rw 03 rt 09 rt 10.

IPAL Komunal ini, nantinya akan mengolah air limbah dari warga, sehingga nantinya dapat dibuang tanpa polusi, tanpa merusak lingkungan warga sekitar, Kata Abah Badrudin, Ketua KSM Kasep Berdaya, Jumat (29/9/23).

“Harapan kami dengan dibangunnya Septic Tank ini, tentunya dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan dari lingkungan masyarakat sekitar, yang awalnya warga membuang limbah kotoran di sungai".

Lebih lanjut, dirinya berharap, rumah warga yang belum memiliki septic tank, sesegera dapat tersambung dengan IPAL Komunal ini. Hal ini cepat dilakukan, agar dapat mencegah limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan.

Dirinya selaku ketua KSM Kasep Berdaya mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Pemerintah melalui Disperkim kabupaten Sukabumi dengan bantuannya dalam program Penyediaan sistem pengelolaan air limbah terpusat sekala pemukiman Tahun 2023 untuk Desa kami, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir datar indah, Syamsul Aripin mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi adanya pembangunan IPAL Komunal di desanya ini.

Harapan kami, dengan keberadaan IPAL Komunal sangat berdampak baik dan bisa membantu warganya agar hidup bersih dan sehat, ucapnya.

Alhamdulillah, selama pembangunan yang dilaksanakan secara swakelola berjalan dengan baik.

Tentunya, kata Syamsul, pembangunan IPAL Komunal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Desa Pasir Datar indah serta semua pihak yang terkait, tuturnya.

”Kami menghimbau kepada masyarakat untuk dapat merawat dan menjaganya dengan baik IPAL Komunal ini, pintanya".

Heri S/Red | Redaktur : Steven DJ

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama