Warga KP Berong Ucapkan Terimakasih, IPAL Komunal di Desa Parungseah Terwujud

Suarakowasisukabumi.comPembangunan /Penyediaan sistem Pengelolaan air limbah terpusat skala Pemukiman atau yang biasa disebut  IPAL Komunal, saat ini terus di realisasi oleh Disperkim kabupaten Sukabumi.

Seperti diketahui, pembangunan IPAL Komunal yang sedang dilaksanakan saat ini, berada di Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi jawa Barat, berdampak positif bagi warga penerima manfaat.

Dikerjakan oleh (KSM) Kelompok Swadaya Masyarakat yang bernama  Lestari pada tahun anggaran 2023 ini, pembenahan Septic Tank warga saat ini menjadi terpusat disalah satu tempat dikampung Berong  Rw 04 rt 01 Desa Parungseah.

Dalam pembangunannya, pengelolaan air limbah ini nantinya akan mengolah air limbah dari setiap rumah warga sekitar, agar dapat dibuang tanpa polusi dan merusak lingkungan warga sekitar.

Ketua Ksm Lestari Heru sekaligus ketua RW menyampaikan, pihaknya berharap dengan telah dibangunnya Septic tank IPAL Komunal ini tentunya akan dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan dari lingkungan masyarakat sekitar. Awalnya warga menbuang limbah kotoran di sungai dan kolam, dan kini bisa tertata sesuai peruntukannya, Ucap Heru, Senin (2/10/23).

Lanjut Heru, dirinya juga menghimbau kepada pemilik rumah yang belum mempunyai septic tank agar segera dapat tersambung dengan IPAL Komunal, sehingga dapat mencegah limbah rumah tangga yang dapat merusak polusi lingkungan.

Program IPAL Komunal ini tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dikampung ini dan juga warga nantinya mampu memanfaatkannya sebagaimana mestinya,” pungkas Heru didampingi anggota KSM.

Sementara itu, Kepala Desa Parungseah muhamad Munir mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi adanya pembangunan IPAL Komunal diwilayahnya.

Dengab diwujudkannya IPAL Komunal diwilayahnya, berdampak baik dan bisa membantu warganya agar hidup bersih dan sehat sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan  dari kurangnya menjaga kebersihan, tuturnya.

Atas nama Pemdes dan masyarakat kampung Berong Desa Parungseah kami menyambut baik pembangunan ini, karna IPAL Komunal sangat berdampak baik bagi masyarakat kami,” ungkapnya.

Perlu diketahui, pembangunan IPAL Komunal ini tidak telepas dari dukungan masyarakat Desa Parungseah serta semua pihak yang terkait.

”Kami menghimbau kepada masyarakat pengguna untuk dapat merawat dan menjaganya dengan baik bangunan IPAL Komunal ini. Dan Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Sukabumi', Disperkim, juga  Dinas PUPR yang telah memberi kepercayaan untuk pembangunan IPAL Komunal di Desa kami ini” ucap kades menutup keterangannya.

Heri S/Red

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama