Dihadiri Peserta dari Semua Etnis Suku dan Budaya, FPK Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi

Caption: Camat Cibadak Abdul Naafi.

Suarakowasisukabumi.com - Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Sukabumi adakan Sosialisasi bertempat di Green Hill Gunung Walat desa Batununggal Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Kamis 04 Desember 2023. 

Para Peserta yang mengikuti, dari Semua Unsur Etnis, Suku dan Budaya yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan acara, Ketua Panitia FKP kabupaten Sukabumi Rahman menyampaikan bahwa, Pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis, ucapnya.

Lebih lanjut Rahman mengatakan, bahwa Pembauran kebangsaan sangat berperan dalam pembentukan integrasi nasional karena semakin mudah bagi seseorang atau golongan masyarakat untuk menciptakan rasa persatuan dan kekeluargaan sehingga terciptalah integrasi nasional, tandasnya.


Integrasi nasional adalah penyatuan atau pembauran suatu bangsa sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Berintegrasi nasional berarti sama dengan konsep menyatukan bangsa dengan kesederhanaan. Integrasi nasional mempunyai dua pengertian dasar, yakni integrasi dan nasional, Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kabupaten Sukabumi Tri Romadhono mengungkapkan, ucapan terimakasih dari Kesbangpol atas adanya Sosilisasi ini, FKDM, FKUB dan FKP adalah 3 Lembaga Organisasi Kemasyarakatan benar-benar sebagai Pionir dari keterwakilan dari masayarakat sebagai sarana komunikasi dan diskusi dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, ucap Tri. 

Terakhir, Tri berharap sampai ketingkat bawah bisa dibentuk, hingga tingkat kecamatan, desa dan kelurahan, seiring sejalan menjaga kesatuan dan persatuan, Jelasnya.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama