Bangun Akses Parkir Balai Sawala, Pemdes Parungseah : Bertujuan Tingkatkan Fasilitas Wisata

Area lahan parkir wisata Balai Sawala, Parungseah Sukabumi, dibangun atas bantuan anggaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, tahun anggaran 2024. (Foto : Heri/sks.com).

|Heri Setiawan/D2|

Sukabumi - Pembangunan Jalan merupakan moda transportasi yang diharapkan oleh pengguna jalan. Dan kali ini pembangunan jalan untuk akses lahan parkir di tempat wisata, sebagai pusat pelayanan para pengunjung, disulap oleh Pemerintah Desa akhirnya terwujud.

Untuk meningkatkan fasilitas wisata, tentunya kenyamanan dan keamanan dapat di rasakan oleh pengunjung atau wisatawan lokal, maupun dari luar. 

Tahun 2024, Pemerintah Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi melalui anggaran dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, membangun Jalan dengan mode Pengerasan jalan, hal tersebut dibangun sebagai akses untuk area parkir Balai Sawala dan pusat pelayanan para pengunjung wisatawan, Minggu, (23/06/24).

Seperti kita ketahui, pembangunan rehabilitasi, peningkatan sarana prasarana Pariwisata, Milik Desa yaitu pembangunan area halaman parkir Gedung Balai sawala, yang beralamat Di kampung Pasir Angin Rt 03/01 Desa Parungseah Sukabumi.

Dalam keterangannya, Kepala Desa Parungseah Muhamad Munir menyampaikan, pembangunan jalan menuju akses area lahan parkir yang dibangun, tentunya ini untuk akses semua jenis kendaraan, baik roda empat maupun roda, Ucap Kades.

Lanjutnya, pembangunan area akses parkir memiliki keuntungan guna mempermudah para pengunjung memarkir kendaraanya, ketika sedang berwisata ke Balai sawala.


Pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu, untuk mendorong transformasi sosial. " karena itu, desa perlu mencermati potensi yang dimiliki nya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi, guna meningkatkan kesejahteraan dan tarap ekonomi masyarakat dan juga melestarikan alam serta memajukan kebudayaan, tambahnya.

Kedepannya Ia berharap, pembangunan Area Parkir wisata ini dapat menunjang infrastruktur di balai sawala, menurutnya, wisata yang dikelola ini mungkin masih banyak kekurangannya, tidak terlepas kami juga berharap adanya bantuan dan  sentuhan dari dinas terkait sesuai dengan kewenangan dan kebijakan yang ada saat ini, pintanya.

Atas nama Pemdes Parungseah, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas pariwisata Kabupaten Sukabumi, sebagai leading sektor program wisata atas bantuannya berupa Feasibility Study (FS) dan Detai Engeneering Desaign (DED) yang sudah didapatkan saat ini, pungkasnya.

Sementara itu, dilokasi pembangunan, warga Desa parungseah sebut saja johan (53) pihaknya menngapresiasi kepada pemdes Parungseah atas pembangunan lahan parkir Balai Sawala ini.

Dengan dibangun nya lahan parkir ini tentunya akan memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung, sudah barang tentu lahan parkir ini, tidak akan menjadi kemacetan bagi para pengguna jalan lain, tukasnya.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama