Lakukan Kunjungan ke Sentra UMKM di Cibadak, Ketua Dekranasda: Terus Bangkitkan Perekenomian Masyarakat Sukabumi

Pose foto bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, dalam kunjungan ke sentra UMKM Ongkrak Cibadak.

|Heri Setiawan/D2|

Sukabumi - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi, Hj Yani Jatnika Marwan, melakukan kunjungan ke sentra UMKM oleh-oleh di Kampung Ongkrak, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, pada Kamis (20/06/2024).

Dalam kunjungan ini, Hj Yani Jatnika Marwan bertemu dengan para pelaku UMKM yang menjadi binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Sukabumi dan DPC Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Mandiri Indonesia (APMIKIMMDO) Sukabumi Raya.

Sebanyak 16 pedagang oleh-oleh mendapat fasilitas pembuatan legalitas secara bertahap dan pendaftaran sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui bantuan PLUT KUMKM dan DPC APMIKIMMDO Sukabumi Raya.

Dalam pembinaannya, Hj Yani Jatnika Marwan menyampaikan dukungannya terhadap para pedagang yang berada di tepi Jalan Nasional III. “Walaupun mereka berada di tepi jalan, selama membantu membangkitkan perekonomian masyarakat Sukabumi, saya tetap mendukung, terutama karena mereka juga siap mempromosikan produk-produk UMKM Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Beliau juga menekankan pentingnya penertiban izin bagi para pedagang demi legalitas usaha mereka. “Kami ingin agar ada penertiban izin, terutama karena niat mereka adalah mempromosikan produk Sukabumi. Alhamdulillah, UKM kita terfasilitasi,” tambah Hj Yani Jatnika Marwan.

Ke depan, Dekranasda akan berkoordinasi dengan Ketua APMIKIMMDO untuk membenahi aspek-aspek yang perlu diperbaiki oleh para pelaku UMKM. “Saya mengingatkan mereka karena bulan depan kita akan memiliki acara besar yang akan diikuti oleh semua Bupati se-Indonesia dan mereka akan datang ke sini. Saya meminta para pedagang untuk berbenah, menata kios dan dagangan dengan baik, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar kios,” terangnya.

Hj Yani Jatnika Marwan berharap agar para pedagang oleh-oleh dapat terfasilitasi di pusat oleh-oleh yang legal dan memiliki fasilitas lengkap seperti toilet. “Insya Allah, mudah-mudahan mereka dapat meningkatkan penjualan, keamanan, kenyamanan mereka, serta kenyamanan para konsumen dalam berbelanja,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah DKUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana, menyatakan bahwa dinas akan menindaklanjuti arahan dari ketua Dekranasda. “Kami pihak dinas akan menindaklanjuti sesuai arahan ibu ketua, dan akan membantu mereka sampai selesai,” tegasnya.

Ketua DPC APMIKIMMDO Sukabumi Raya, Aam Abdul Salam, menjelaskan bahwa kunjungan Ketua Dekranasda merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi. “Ini penting agar pelaku UMKM yang ada diberikan pembinaan agar usaha mereka berkembang dan maju,” jelas Aam.

APMIKIMMDO turut serta memberikan pendampingan dalam berbagai aspek usaha, termasuk legalitas usaha seperti pembuatan NIB, PIRT, Izin Halal, BPOM, serta fasilitas pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. “Kami berharap semua pihak, terutama para pedagang oleh-oleh, dapat melaksanakan amanat dari Ibu Ketua Dekranasda Hj Yani Jatnika Marwan dengan pembinaan dan pendampingan dari PLUT dan APMIKIMMDO,” pungkasnya.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama