Percepat Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan, Pemdes Selajambe Gelar Sosialisasi DD

Pemdes Selajambe, Cisaat Sukabumi, dalam Sosialisasi DD Tahun 2024. (Foto : Heri S/SKS).

|Heri Setiawan/D2|

Sukabumi - Dalam rangka mendorong percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan pemahaman tentang Pengelolaan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa (Pemdes) Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Sosialisasi Dana Desa, Rabu (05/06/24).

Dalam Sosialisasi tersebut, di buka langsung oleh kepala Desa Selajambe Pipin Saripin SPd, bertempat di aula Desa Selajambe Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Selajambe, Pipin Saripin menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan utamanya untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai Pengelolaan Dana Desa, Kata Kades.

Untuk itu, dirinya berharap Dana Desa TA 2024 yang disalurkan dapat digunakan secara optimal, sekaligus  memberikan manfaat bagi masyarakat desa, khususnya warga Desa Selajambe, pintanya.

Sementara itu, Camat Cisaat H. Heri Sukarno menjelaskan, pentingnya peran serta masyarakat dalam mengawasi anggaran Dana Desa,  tentunya harus berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan peruntukannya, karena Dana Desa sangat riskan bilamana tidak adanya pengawasan dari semua pihak, termasuk elemen masyarakat, ucapnya.

Selanjutnya, untuk penggunaan dana desa jangan sekali kali melenceng dari tujuannya, dana desa digunakan untuk memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di suatu desa.

“dana desa merupakan alokasi dana untuk membangun desa dalam anggaran pendapatan belanja Negara (APBN), dengan alur penyaluran memalui APBD. Dana desa ditujukan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pungkasnya, Tegasnya.

Untuk diketahui, giat sosialisasi dihadiri, Kapolsek Cisaat AKP Yanto Sudiarto SH MH, Danramil 0607 Cisaat Kapten Cba Edi Rosana, Camat Cisaat Drs,Heri Sukarno tokoh agama, pemuda tokoh masyarakat, karang taruna, para Rt dan Rw juga warga masyarakat lainnya.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama