Sosialisasi Jaringan Gegebeng Waluran, Kabid SDA : Pembangunan Plan 180 Hari Kalender

Doc : PU.

|Heri Setiawan/D2|

Sukabumi - Proyek peningkatan jaringan irigasi Gegebeng yang berada di Kampung Cibinong Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, DPU melalui Bidang SDA (sumber daya air) melaksanakan Sosialisasi sebelum dimulainya Pekerjaan pada,Jum'at (7/6/2024).

Pembangunan daerah irigasi (DI) Gegebeng ini diperkirakan akan memakan waktu selama 180 hari kalender, dengan nilai kontrak sebesar Rp 3.424.545.40, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas PU kab Sukabumi Th anggaran 2024. Yang akan dikerjakan oleh CV. Karya Abadi yang tentunya sangat ahli dibidang kontruksi.

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan di aula SDN Waluran Mandiri 1 Kampung Cikoja RT 24/04 Desa Waluran Mandiri dan dihadiri oleh Camat Waluran, Kepala Desa Waluran Mandiri, Kapolpos Waluran, Danpos Waluran, Ketua BPD Waluran Mandiri, Mitra Cai, serta para petani pengguna air.

Kepala UPTD PU Wilayah Ciemas Dadang Koswara mengatakan DI Gegebeng di Desa Waluran Mandiri memiliki panjang kurang lebih 6,8 kilometer. irigasi Gegebeng selama ini mengairi pesawahan milik warga seluas 441 Hektare.

Adapun Perbaikan peningkatan jaringan irigasi ini meliputi pembangunan bendungan, sadap, dan jaringan irigasi," ulasnya.

Selanjutnya Dadang menyampaikan ,sosialisasi ini juga sebagai tahapan untuk mulainya pelaksanaan kegiatan. Pihaknya memberikan ruang dan kesempatan bagi warga setempat untuk diperdayakan sebagai tenaga kerja sesuai dengan keahliannya.

"Dan memanfaatkan material lokal yang terjamin," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kabupaten Sukabumi Adi Setiadi Nugraha mengatakan, setelah diadakan tahapan sosialisasi, pihak ketiga harus segera melaksanakan kegiatan.

Menurut Adi, Dinas PU Kabupaten Sukabumi menargetkan pekerjaan ini akan selesai dalam waktu 180 hari (6 bulan) atau hingga November mendatang. 

Adi berharap peningkatan jaringan irigasi ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat setempat, khususnya untuk meningkatkan produksi pertanian," pungkasnya.

Camat Waluran Supendi melalui Sambutan nya menambahkan, bahwa proyek ini merupakan aspirasi dari masyarakat dan sudah dibahas jauh jauh hari melalui Musrenbangdes.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama