Bupati Marwan : " Ingin SDM di Kabupaten Sukabumi Mampu Jawab Tantangan Zaman

Dok : DKIP.

|Heri Setiawan|

Sukabumi - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memimpikan masyarakatnya berperan penting dalam perwujudan Indonesia emas di 2045. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyongsong Indonesia emas tersebut. 

"Kami punya keinginan, SDM yang dimiliki Kabupaten Sukabumi dapat berperan dan mampu menjawab tantangan hingga persoalan zaman," ujarnya di sela-sela penutupan Sukabumi Robotic Competition (SRC) Tingkat Nasional Tahun 2024 di Auditorium Universitas Nusa Putra, Minggu, 25 Agustus 2024. 

Maka dari itu, dirinya menyambut baik adanya kompetisi robotik tersebut. Mengingat, teknologi robot menjadi salah satu solusi dalam membantu aktivitas manusia. 

"Teknologi robotik dapat membantu kita dalam mempermudah pekerjaan. Jadi teknologi ini harus dikuasai kita semua, terutama anak-anak kita," ucapnya.

Apalagi, kemampuan di bidang teknologi dan robotik menjadi hal yang sangat urgensi. Sebab, teknologi itu dapat menjawab sejumlah persoalan manusia. 

"Di Kabupaten Sukabumi saja misalnya, sebagian sektor pertanian sudah menggunakan teknologi robotik," ungkapnya. 

Oleh karena itu, kegiatan semacam ini tidak boleh berhenti. Bila perlu, teruslah berinovasi untuk mencari ruang. 

"Terima kasih panitia yang terus membuat kegiatan ini," bebernya. 

Hal senada pun disampaikan Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan. Menurutnya, kegiatan ini menjadi bagian perjuangan untuk meningkatkan akademik dan teknis anak. 

"Kegiatan ini sangat penting bagi pembangunan bangsa. Terima kasih Pak Bupati telah memberikan ruang kreasi bagi anak -anak. Terkhusus di bidsng robotika," bebernya.

Ketua Panitia SRC Tingkat Nasional Tahun 2024 Jafar Sidiq mengatakan, kompetesi robotik ini sudah tiga kali dilaksanakan. Hal itu selalu beriringan dengan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi. 

"Ini tahun ketiga kami melaksanakan kompetisi yang selalu dilaksanakan di Agustus dan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Sukabumi," terangnya.

Kegiatan yang diikuti 275 peserta dari 12 kategori pertandingan ini, terlaksana atas kerjasama Sukarobot Academy bersama Universitas Nusa Putra. 

"Kategori tahun ini ada 12. Sebanyak 10 kategori dilaksanakan secara offline dan 2 online," ungkapnya.

Tak hanya itu saja,peserta kompetesi kali ini lebih meriah. Bahkan, hadir dari berbagai daerah di Indonesia. Baik dari tingkat sekolah dasar hingga atas. 

"Peserta datang dari berbagai daerah dan provinsi. Ada yang dari Lampung, Sragen, Banten, Jakarta, dan tentu saja Sukabumi," bebernya.

Dalam kegiatan tersebut, H. Marwan meninjau stand peserta kompetisi robot. Selain itu, H. Marwan pun menyerahkan piala bergilir dan voucher beasiswa untuk peserta di tingkat SMA.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama