Kolaborasi, DPPKB dan RS Bhayangkara Setukpa Gelar MOW dan MOP

Foto : Heri S.

|Heri Setiawan/Red|

Sukabumi - Sambut Hari Kontrasepsi Sedunia 2024, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten sukabumi bersama RS. Bhayangkara Setukpa menyelenggarakan pelayanan KB kontrasepsi mantap terpusat melalui metode operasi wanita (MOW) dan metode operasi pria (MOP), Sabtu (28/9/2204) . 

Berdasarkan pantauan dilapangan, kegiatan dihadiri ratusan peserta kontrasepsi KB, Unsur BKKBN Jawa Barat, Petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) Unit Pelayanan Teknis KB. Adapun pelaksanaan bertempat di Setukpa Lemdiklat Polri , Jalan Bhayangkara, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten sukabumi, Uus Firdaus mengatakan, dalam momentum hari kontrasepsi sedunia diantaranya adalah menjalankan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dengan sasaran yang akan kita layani sesuai data yang sudah masuk yaitu 180 peserta MOW dan 10 peserta MOP, Kata Uus.

Lanjutnya, tentunya harapan dari kami bagaimana out come dari pelayanan KB adalah bagaimana keluarga dalam mewujudkan keluarga berkualitas bisa dicapai dengan pengaturan angka kelahiran, jadi bukan artinya pembatasan kelahiran. 

Lebih jauh, kata Uus bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan amanat undang-undang 52 tahun 2009 tentang pemenuhan keperdulian perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga berencana bisa tercapai dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

"Dimana Keluarga berkualitas itu tidak hanya mengatur jumlah keluarga tapi juga meningkatkan kualitas, seperti bentuk kualitas keluarga itu pada bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan ".

Jadi anak ideal kemudian dibina agar menjadi generasi keluarga berikutnya berkualitas , sebab Indonesia emas bisa tercapai bila keluarga-keluarganya berkualitas, terangnya.


Disinggung atas catatan evaluasi Badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) provinsi Jawa barat, Ia menambahkan, di momentum hari kontrasepsi dunia Alhamdulillah kami DPPKB kabupaten Sukabumi meraih peringkat 2 pelayanan KB tingkat jawa barat.

Kami mengucapkan terima kasih atas berkat inovasi dan kerjasama bersama petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), Unit Pelayanan Teknis KB, Kepala Bidang hingga pada akhirnya DPPKB kabupaten Sukabumi mendapatkan hasil yang menggembirakan dengan terpilih menjadi peringkat 2 pelayanan KB tingkat provinsi jawa barat, pungkasnya.

MATANUSA

Teman setia menemani anda ,dalam menyuguhkan informasi berita pembangunan di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama